Wednesday, February 3, 2016

Tangkapan ikan ....

Tangkapan ikan meningkat. Itu setidaknya beberapa berita yang dilansir media massa beberapa waktu terakhir. Bisa dimengerti mengingat sejak menteri Susi meluncurkan kebijakan penenggelaman kapal pencuri ikan laut di tanah air, para penjarah ikan dari luar negeri keder dibuatnya. Sudah lebih dari 100 kapal yang ditenggelamkan. Jumlah ini dipastikan akan terus bertambah seiring masih ada pihak-pihak yang belum jera menjarah ikan di Nusantara. Kita patut acungi jempol pada menteri kelautan dan perikanan ini. Belum ada  menteri-menteri sebelumnya (bahkan yang berlatar belakang militer sekalipun)  yang dengan berani mencetuskan kebijakan penenggelaman kapal semacam ini. Dengan makin berkurangnya penjarahan ikan di wilayah tanah air, maka para nelayan memetik hasilnya ...beberapa hari ini disampaikan bahwa tangkapan ikan oleh nelayan meningkat 200-300%. Bila harga ikan bisa dipertahankan maka peningkatan pendapatan dan kesejahteraan para nelayan akan meningkat. Namun demikian, para nelayan kita masih banyak yang tidak memanfaatkan teknologi misalnya informasi tentang kemungkinan keberadaan banyak ikan dari lokasi up welling. Nelayan-nelayan menengah ke bawah masih berlandaskan kebiasaan saja dalam mencari ikan. Informasi up welling yang bisa diperoleh dari kementrian tersebut belum banyak diakses oleh masyarakat. Para pemilik kapal tangkap ikan yang sudah sadar pentingnya informasi up welling tersebut biasanya harus berupaya ekstra untuk mendapatkan informasi tersebut.
Di negara-negara yang sudah maju yang peduli pada kelangsungan hidup ikan, biasanya para nelayan dibatasi area penangkapannya yang diawasi oleh petugas perairan menggunakan pesawat helikopter. Nelayan yang merambah wilayah di luar area penangkapan bisa dikenai denda besar. Mereka menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam menangkap ikan.
Semoga saja, semakin banyak para nelayan kita yang memanfaatkan teknologi untuk memperoleh sebanyak-banyaknya ikan yang memang layak (berukuran cukup) untuk dikonsumsi. Bila nelayan sejahtera maka masyarakat negeri inipun akan makin sejahtera mengingat jumlah nelayan di Indonesia yang cukup banyak, jutaan keluarga. Hayoo ...dimana peran meteorologi untuk para nelayan??? Coba jawab dan uraikan ya ...ditunggu lho.

No comments:

Post a Comment